Jika Anda memiliki usaha kecil, Anda mungkin akan lebih khawatir akan arus kas dan melakukan penjualan berikutnya dibanding perkara hukum yang mungkin terjadi. Namun usaha-usaha kecil memang dapat dan seringkali terkena gugatan, dan biaya hukumnya sendiri dapat mencapai $100.000 jika masalah Anda berlanjut hingga ke pengadilan.

Pengaruh dari sebuah perkara hukum terhadap usaha Anda dapat berlanjut lebih dari masalah keuangan: Perkara hukum sangat menyulitkan, memakan waktu, dan tak dapat diprediksi. Namun terdapat beberapa hal yang dapat Anda lakukan yang akan mengurangi peluang berakhirnya usaha kecil Anda di pengadilan. Inilah lima tips tersebut.

  1. Lakukanlah perjanjian secara tertulis, dan ikutilah perjanjian yang sudah disetujui

Memang terdapat banyak handshake deal dalam usaha kecil. Namun ketika Anda tidak melakukan perjanjian tertulis, Anda berarti membuka kesempatan bagi terjadinya kesalahpahaman yang dapat berlanjut ke perkara hukum.

Untuk setiap transaksi yang Anda lakukan, buatlah dokumen tertulis yang memberikan rincian dari kata-kata terpenting dari perjanjian, seperti harga, tanggal pengiriman, dan jasa atau produk apakah yang Anda sediakan. Anda mungkin tidak menginginkan kontrak formal untuk setiap transaksi, namun Anda sebaiknya, setidaknya, memiliki alamat email, lembar perkiraan, atau dokumen lainnya yang menunjukkan apa yang telah Anda setujui. Pengacara usaha dapat memberikan saran terhadap jenis-jenis kontrak yang Anda butuhkan untuk usaha Anda.

Ketika Anda telah membuat perjanjian, cara terbaik untuk mencegah terjadinya gugatan adalah berlaku sesuai perjanjian yang telah ditetapkan. Dan bersikaplah jujur dan etis dalam semua perjanjian usaha Anda.

  1. Patuhilah kebijakan ketenagapekerjaan

Usaha kecil Anda dapat memiliki banyak hukum ketenagapekerjaan, termasuk hukum upah dan jam kerja, regulasi keamanan, dan hukum-hukum yang dimaksudkan untuk mengurangi gangguan dan tindakan diskriminasi dalam pekerjaan. Jika Anda melanggar hukum-hukum ini—meskipun dengan tak sengaja—Anda dapat berakhir dalam kasus penuntutan yang menguras harta dan melelahkan Anda.

Kunci untuk meminimalisir peluang terjadinya penggugatan adalah dengan mengetahui hukum-hukum ketenagakerjaan yang berlaku bagi Anda dan membuat serta menerapkan kebijakan untuk membantu memastikan bahwa usaha Anda telah sesuai dengan hukum tersebut. Banyak pemilik usaha kecil berpikir bahwa mempekerjakan konsultan sumber daya manusia sangat membantu atau mempekerjakan pengacara ketenagakerjaan untuk menyiapkan buku pedoman pegawai dan memberi saran terhadap prosedur perekrutan dan penghentian.

  1. Berkomunikasilah dengan jelas dan berkala

Terkadang beberapa hal dapat berjalan dengan tidak sesuai meski tanpa kesalahan apa pun yang Anda buat. Persediaan tidak tiba pada waktunya, Anda terkena penyakit flu, atau Anda menemukan sebuah masalah yang akan membuat penyelesaian proyek tertunda dan memakan biaya lebih dari yang Anda perkirakan.

Ketika Anda tersandung sedikit, jelaskanlah masalah tersebut kepada orang-orang yang terlibat dalam usaha Anda, dan bekerjalah dengan mereka agar menemukan sebuah solusi yang pas. Jika Anda berkomunikasi secara verbal, berikan follow up dengan email sehingga Anda memiliki laporan tertulis.

  1. Bertemulah dengan pengacara usaha kecil yang berpengalaman

Setiap pemilik usaha memiliki momen-momen di mana keputusan yang salah dapat mendorong Anda ke dalam jalan perkara hukum. Bagaimana cara yang benar untuk memecat karyawan? Bagaimana caranya saya menangani pelanggan yang kurang puas ini?

Jika Anda telah memiliki hubungan dengan pengacara usaha, Anda memiliki seseorang yang dapat Anda mintai saran ketika Anda membutuhkannya. Investasi Anda dalam beberapa menit dari waktu seorang pengacara dapat menyelamatkan Anda dari biaya-biaya hukum yang beribu-ribu jumlahnya.

  1. Dapatkanlah asuransi yang tepat

Asuransi pertanggungjawaban dapat membantu Anda mencegah terjadinya banyak risiko dari terpelesetnya dan terjatuhnya seseorang dalam toko Anda hingga penyadapan data besar. Asuransi meminimalisir peluang Anda untuk terkena gugatan karena terdapat dana untuk membayar kerugian, dan perusahaan asuransi sangat berpengalaman dan efisien dalam menginvestigasi klaim dan menegosiasi ketentuan. Jika ada klaim yang masih mendorong Anda ke dalam perkara hukum, perusahaan asuransi akan menangani kasus tersebut untuk Anda.

Terdapat beberapa jenis asuransi pertanggungjawaban. Seorang agen asuransi usaha kecil dapat membantu Anda menemukan kebijakan yang tepat untuk melindungi Anda dan usaha Anda.

Meskipun Anda melakukan segalanya dengan benar, Anda tidak dapat membuat usaha Anda kebal dari perkara hukum. Namun Anda dapat mengambil beberapa langkah ekstra untuk meminimalisir pengaruhnya jika Anda terkena gugatan. Asuransi pertanggungjawaban adalah salah satunya. Hal lain adalah dengan membentuk entitas bisnis seperti korporasi atau PT. Sebuah entitas bisnis membatasi risiko pribadi Anda jika usaha Anda terkena gugatan—Anda bisa saja kehilangan harta yang Anda miliki dalam usaha Anda, namun aset pribadi Anda seperti rumah, mobil, dan rekening bank pribadi akan aman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here