Urun dana merupakan penggalangan dana yang praktiknya melalui internet untuk memberikan modal kepada suatu proyek atau usaha. Menggunakan crowdfunding adalah kesempatan yang baik untuk para wirausahawan karena dua hal; satu yaitu kita dapat mengerti target konsumen dan melihat sebagaimana reseptif mereka terhadap proyek kita yang kemudian baik untuk memahami dan merespon kepada permintaan pasar; dua ialah calon wirausahawan dapat memperoleh dana untuk modal usahanya yang akan didirikan.

Crowdfunding memang tidak mudah, apalagi ketika kita harus menyebarkan informasi dan kesadaran akan proyek kita kepada masyarakat luas dan membuat mereka tertarik terhadap proyek yang kita lakukan atau usaha yang kita dirikan. Maka, untuk memiliki kampanye crowdfunding yang sangat sukses akan memerlukan banyak upaya.

Untuk membuat kampanyenya sendiri, ambil contoh dari IndieGogo, memang tidak sulit. Akan tersedia sebuah template dengan instruksi mengenai bagaimana cara memenuhi persyaratannya.

Namun, yang mungkin menjadi sulit adalah membuat video karena Anda harus mempertimbangkan bagaimana naskah yang bagus untuk menceritakan proyek Anda kepada masyarakat luas dan membuat mereka tertarik dan terdorong untuk mengenal lebih jauh tentang proyek Anda. Umumnya, yang menjadi tantangan adalah bagaimana Anda menyebarluaskan informasi mengenai proyek atau usaha Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here