Kini terdapat teknologi bernama Sel IPS (Induced Pluriprotein Stem) dengan mana sel dewasa dapat diambil dari tubuh dan diubah menjadi sel punca (stem cell) kemudian dibentuk sesuai struktur yang diinginkan. Stem cell dapat dikombinasikan dengan 3D Bio-printing untuk membuat bagian-bagian pengganti tubuh yang cacat atau hilang.

Namun terdapat risiko, dikarenakan stem cell asli dapat berubah menjadi beragam macam sel. Maka jika kita tidak dapat mengendalikannya dengan baik, kesalahan dalam perubahan sel dapat terjadi, misalnya ingin membuat sel tulang tetapi yang terbentuk justru tipe sel lain. Terjadinya hal ini tidak akan ideal karena akan menimbulkan masalah jika ditanamkan ke tubuh seseorang.

Berbeda dari stem cell, sel dewasa tidak dapat mereplika diri sendiri dan setelah beberapa hari, sel tersebut akan mati, maka tidak akan bisa dikembangkan. Sementara, stem cell memiliki kemiripan dengan sel kanker dalam hal dapat selalu tumbuh dan berkembang dalam jangka waktu yang panjang jika diberi nutrisi yang tepat dan ditumbuhkan di lingkungan yang baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here