Menjadi pemimpin bukan soal posisi atau titel, melainkan soal tindakan.

Jika sedang dalam posisi pemimpin, tentu saja Anda ingin jadi pemimpin yang baik. Menjadi pemimpin yang baik banyak contohnya, misalnya membuat dampak positif bersama perusahaan Anda, atau membuat perubahan dengan skala global.

Apapun situasinya, ada beberapa keterampilan tertentu yang dapat membantu Anda menjadi pemimpin yang baik.
Berikut 10 skill terpenting:

1. Berkolaborasi

Salah satu kesalahpahaman paling umum akan kepemimpinan adalah sangkaan bahwa ia hanya melulu soal mendapatkan kekuasaan. Pemimpin yang paling baik adalah yang memakai kekuasaan mereka dan waktu serta energi mereka untuk berkolaborasi dengan orang lain. Tempatkan diri Anda sebagai pemimpin yang selalu mendukung kesuksesan orang-orang sekitar Anda. Ketika mereka sukses, berarti Anda juga sukses.

2. Fokus ke team

Orang-orang yang bekerja bersama Anda adalah aset terpenting Anda. Layani mereka dengan cara invest ke mereka, menghargai mereka, dan membina mereka. Kenalilah mereka, dan beri mereka ruang dan lingkungan yang saling menghargai yang mereka butuhkan untuk saling mengenal dan bersama melakukan hal-hal hebat.

3. Atasi konflik

Tidak ada yang suka berurusan dengan drama. Namun terkadang Anda harus mencegah masalah kecil menjadi besar. Pemimpin harus bisa mengatasi konflik dalam team dengan peraturan-peraturan yang konsisten dan penjelasan yang tegas yang diungkapkan secara kalem dan yakin.

4. Dobrak status quo

Untuk menjadi pemimpin yang hebat, lebih dulu Anda harus mengerti dimana dan bagaimana Anda bisa benar-benar berdampak. Kepemimpinan yang kuat tidak mempertahankan status quo melainkan melewati rintangan dan menemukan cara bertahan dalam segala situasi.

5. Fokus untuk belajar

Sekedar bertahan hidup saja tidak cukup. Bisnis itu penuh persaingan, dan sebagai pemimpin Anda harus selalu terdepan. Belajar, bertumbuh dan bereaksi terhadap perubahan adalah kuncinya. Anda harus membina team untuk memiliki gairah untuk belajar.

6. Ramah dan terbuka

Anda sudah sendirian berada di pucuk pimpinan, janganlah Anda perburuk dengan tidak berusaha berteman. Kalau Anda mudah diajak bicara maka akan memudahkan team Anda. Pemimpin yang hebat mengerti pentingnya berkoneksi dengan orang lain dan menyempatkan waktu dengan team mereka secara teratur.

7. Perkokoh prinsip dan keyakinan Anda

Tiap tindakan yang Anda ambil adalah cerminan diri Anda sebagai pemimpin, dan tiap prinsip yang Anda anut menunjukkan keyakinan Anda. Dengan memperkokoh prinsip dan mempertahankan keyakinan Anda, berarti orang lain tahu posisi Anda. Prinsip seorang pemimpin bagaikan sidik jari, karena tidak ada orang yang memiliki sidik jari sama, dan Anda meninggalkan jejak sidik jari dalam semua pekerjaan Anda.

8. Tunjukkan tanggung jawab pada semua level

Tanggung jawab sangatlah penting dalam menyelesaikan pekerjaan, bagaikan lem yang melekatkan komitmen dengan hasil. Tanggung jawab harus konsisten di semua level, termasuk level Anda.

9. Pimpin dengan budi pekerti

Prinsip dan keyakinan memang penting, tapi budi pekerti membuat tindakan dan perkataan Anda sejalan dengan keyakinan Anda. Tidak ada yang lebih penting dalam kepemimpinan daripada budi pekerti.

10. Tularkan kepemimpinan Anda

Pemimpin yang memimpin memakai rasa takut dan kekuasaan dan intimidasi tidak berbeda dengan bully. Pemimpin sejati adalah yang selalu membina dan menasehati anggota team, yang berarti memberi kesempatan anggota untuk sesekali memimpin. Ketika Anda membiarkan orang lain untuk memimpin berarti Anda memberi mereka kesempatan untuk menunjukkan keterampilan dan bakat mereka, dan Anda menginspirasi semua anggota team untuk mengerahkan kemampuan terbaik mereka.

Pemimpin hebat tidak bertujuan untuk sekedar menjadi pemimpin, melainkan bertujuan untuk membuat perubahan. Menjadi pemimpin bukan sekedar peran, posisi atau jabatan, tapi soal membuat dampak yang positif.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here