Kita semua memerlukan rencana untuk masa depan kekayaan dan warisan kita. Kekayaan kita meliputi segala sesuatu yang kita miliki, mulai dari mobil, kendaraan bermotor, rumah, properti, tabungan, deposito, asuransi jiwa, semua barang-barang di rumah, dan semua harga bergerak dan harta tidak bergerak yang kita miliki (emas, lukisan, koleksi berharga, dan lain-lain). Besar kecil, mahal dan murah, semua orang punya harta yang kita miliki yang tidak bisa kita bawa waktu kita meninggal nanti.

Pertanyaannya adalah, kapan, dan bukan jikalau itu terjadi. Kita semua ingin memiliki control,  apa-apa saja yang akan kita berikan dan kepada siapa kita akan memberikan harta kekayaan kita tersebut. Untuk memastikan kalau semua yang kita ingin bagikan itu nantinya dibagikan sesuai dengan keinginan kita, maka kita harus memastikan kalau kita memberikan informasi dengan petunjuk yang jelas siapa-siapa yang akan menerima warisan kita, apa yang kita ingin berikan kepada masing-masing, dan kapan mereka bisa menerima warisan tersebut sesuai dengan waktu yang kita inginkan. Pastinya, kita ingin semua itu bisa terlaksana dengan biaya sekecil kecilnya.

Nah, Rencana pengalihan warisan dan harta kekayaan tersebut adalah bagian dari Estate Planning. Lengkap dengan nama-nama ahli waris dan seluruh harta kekayaan yang kita miliki, kita harus mempersiapkan hal-hal sebagai berikut:

  1. Petunjuk jelas tentang siapa-siapa dan organisasi mana yang akan menerima harta kekayaan kita, dan berapa jumlahnya.
  2. Petunjuk jelas tentang bagaimana kita ingin dirawat dan diperlakukan apabila kita sakit parah dan tidak bisa berbuat apa-apa lagi.
  3. Petunjuk siapa yang akan mengurus anak-anak kita yang masih dibawah umur dan siapa yang kita tunjuk untuk menjadi “pengawas/pengurus” anak-anak tersebut atau yang kita kenal dengan istilah guardian.
  4. Petunjuk jelas tentang siapa yang berhak mengambil keputusan untuk perawatan kesehatan kita, dan siapa-siapa yang berkewajiban untuk membayar biaya perawatan kita. Siapa-siapa yang akan kita berikan surat kuasa untuk itu.
  5. Petunjuk siapa-siapa yang akan mengurus semua asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi cacat/disability, long term care atau perawatan jangka panjang kalau kita dalam keadaan yang kronik dan tidak bisa mengurus diri sendiri lagi.
  6. Petunjuk siapa-siapa yang akan kita tunjuk untuk melanjutkan usaha/bisnis kita apabila kita sudah pensiun, sakit, ataupun tidak ada lagi.
  7. Petunjuk bagaimana keluarga harus mengurus dan membayar pajak, biaya pengadilan, dan biaya-biaya yang tak terduga lainnya.

Semua data-data harus kita lihat dan kita rubah dari waktu ke waktu, karena keadaan dan jumlah harta kekayaan kita, serta kondisi keluarga kita bisa berubah.

Terus siapa dong yang butuh rencana ini? Semua orang butuh membuat rencana dalam hidup kita. Program ini bukan hanya untuk orang-orang tua, ataupun orang-orang kaya saja, tetapi untuk semua orang, tua muda, miskin dan kaya, karena kita tidak punya bola ajaib yang bisa melihat tentang hidup kita, kapan hidup kita akan sakit, kapan kita akan meninggal, tetapi yang pasti,  kita semua akan mengalami hal tersebut.

Kadang kita berpikir, ahh… hanya orang-orang kaya saja yang butuh program ini, orang-orang biasa seperti kita tidak perlu punya estate planning. Salah besar!  Justru, karena sedikit harta kekayaan yang kita miliki, maka itu harus kita jaga supaya yang sedikit itu tidak sampai hilang kan.

Banyak orang yang tidak punya rencana dalam hidup mereka. Ada pepatah: People don’t plan to fail, but they fail to plan. Orang tidak berencana untuk gagal, tetapi gagal berencana. Punya rencanapun, kadang rencana kita tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan, apalagi kalau kita tidak punya rencana.

Banyak orang yang menyangka, ah… kita juga tidak punya apa-apa, kita masih muda, kita terlalu sibuk dan tidak punya waktu untuk hal-hal seperti ini…. Kita pikir kita punya banyak waktu dalam hidup ini, atau kita tidak peduli dan belum mau memikirkan hal ini. Dan ketika sesuatu itu terjadi dalam hidup kita, keluarga kita yang jadi terbeban, dan semua itu karena ke tidakpedulian kita, atau kita yang gagal berencana.

Bagi anda yang tinggal di negara Amerika ini, kalau anda tidak punya rencana akan masa depan anda, maka, negara yang akan merencanakan masa depan anda, dan sayangnya, mungkin itu tidak akan sesuai dengan apa yang anda inginkan.

Ketika anda difabel, lumpuh atau tidak bisa berbuat apa-apa lagi, apabila nama anda tercantum sebagai pemilik harta kekayaan, dan sebagai pemilik usaha,  anda tidak bisa mengurus usaha anda karena keadaan fisik anda, maka, pengadilanlah yang akan memutuskan siapa yang berhak untuk mengurus usaha anda. Bukan keluarga anda, tetapi pengadilan. Dan pengadilan pula yang akan mengurus semua harta kekayaan anda. Harga yang harus dibayar itu mahal, dan dengan proses yang panjang dan lama, dan karena mereka buka kasus anda secara umum, maka prosesnya akan berliku-liku, rumit, ruwet. Biarpun satu saat nanti anda sembuh kembali, tapi prosesnya saat itu sudah akan menyita banyak waktu dan biaya anda.

Dan kalau Pada saat anda meninggal, anda pergi tanpa meninggalkan surat warisan dan estate planning yang lainnya, maka seluruh harta kekayaan anda akan dibagikan sesuai dengan hukum di negara bagian anda, dan akan dikenakan biaya probate sesuai dengan surat pengesahan hakim, dan dengan denda yang akan ditentukan oleh pengadilan setempat.

Di banyak negara bagian di America ini, kalau anda adalah pasangan suami istri dan mempunyai anak, pasangan dan anak-anak akan mendapatkan bagiannya masing-masing (share). Artinya, pasangan anda akan menerima bagiannya sesuai dengan pembagian dari harta kekayaan tersebut, dan mungkin itu tidak cukup untuk biaya hidupnya. Dan kalau anda punya anak dibawah umur, pengadilan juga yang akan mengatur harta mereka jikalau kedua orang tua mereka meninggal dunia (misalnya karena kecelakaan). Pengadilan juga yang akan menunjuk siapa yang akan mengurus anak-anak tersebut tanpa kita tahu siapa mereka, mungkin orang yang tidak anda sukai. Pada saat itu, semua control ada ditangan pengadilan.

Jika anda boleh memilih…. Apakah anda ingin semua permasalahan keluarga anda diatur oleh anda dan keluarga anda, atau diatur oleh pengadilan? Bukanlah lebih baik kalau anda yang punya hak dan kuasa untuk mengatur siapa-siapa yang akan menerima bagian dari harta anda dan kapan? Dan alangkah baiknya kalau anak-anak anda yang masih dibawah umur bisa dipelihara oleh sanak keluarga anda yang memang mengasihi mereka, dan bukan dibesarkan dan dipelihara oleh orang yang ditunjuk oleh pengadilan bukan?

Estate planning atau pengurusan harga kekayaan ini dimulai dengan surat warisan dan surat kuasa rumah (di sini kita mengenalnya dengan istilah “will dan Living Trust”).

Will atau Surat warisan berisi petunjuk bagaimana dan siapa yang berhak untuk menerima harta kekayaan anda, siapa yang akan mengurus anak-anak anda yang masih dibawah umur,  termasuk siapa yang akan mengurus anda apabila anda sakit atau tidak bisa mengambil keputusan lagi, dan mau diapakan anda pada waktu anda tidak ada nanti. Will atau surat warisan akan mulai berlaku pada saat anda sudah tidak ada lagi (meninggal dunia).

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah : Surat warisan tidak akan bisa menghindari proses probate (biaya dan keputusan hakim tentang rumah anda).  Semua harga kekayaan rumah, bisnis properti dengan nama anda, atau milik anda, harus diproses sesuai dengan proses probate dari negara bagian anda sebelum bisa dialihkan ke ahli waris anda. (Dan apabila anda memiliki rumah di negara bagian lain, maka keluarga anda harus menghadapi beberapa proses probate sesuai dengan peraturan di negara bagian tempat properti anda berada). Proses ini akan memakan waktu lama, dan dengan biaya yang tidak sedikit, mulai dari biaya pengadilan, biaya pengacara, biaya-biaya administrasi, dan biaya-biaya lain. Prosesnya pun bisa memakan waktu antara 9 bulan sampai 2 tahun atau lebih.  Dan ingat, Proses pengadilan ini bukan atas control anda dan keluarga, tapi atas control pengadilan.

Oleh karena itu, bagi yang mempunyai harta kekayaan berupa rumah atau properti, anda harus memiliki Revocable Living Trust atau Trust yang bisa anda rubah dari waktu ke waktu.  Dengan memiliki Living Trust, semua harta kekayaan anda, termasuk rumah, akun di bank, stocks, dan yang lain-lainnya akan dipindahkan kepemilikannya ke Trust anda, dan akan diatur oleh anda selagi anda hidup, dan akan dialihkan ke beneficiary/ahli waris anda ketika anda meninggal.

Perencanaan akan harta kekayaan anda (estate planning) akan membantu anda untuk mengatur semua harta kekayaan anda dengan baik dan teratur.  Dengan program Estate Planning ini, anda bisa menaruh semua informasi penting tentang properti anda, account di bank anda, dimana, dan siapa yang akan menjadi ahli waris dan meneruskan usaha anda, dan dengan keterangan yang jelas dan lengkap, serta mudah di akses, akan mempermudah keluarga anda, dan anda bisa memperbaharui surat-surat dan dokumen-dokumen anda dari waktu ke waktu. Ingat, keadaan bisa berubah, jumlah anggota keluarga bisa berubah, usaha bisa berubah, jumlah properti dan harga lain yang kita miliki bisa berubah, dan setiap perubahan itu harus kita masukkan ke dalam Estate planning kita.

Kapan kita harus memulai program ini? Jawabnya adalah – Sekarang!

Banyak orang yang tidak mau berpikir tentang kehidupan, kematian, dan kalau-kalau kita tidak bisa berbuat apa-apa dan kalau-kalau kita tidak bisa mengambil keputusan apa-apa lagi. Apalagi untuk planning tentang hal tersebut. Inilah salah satu penyebab, mengapa banyak keluarga yang tidak siap dan kurang peduli menjadi panik pada waktu kejadian seperti ini menimpa keluarga mereka. Oleh karena itu, jangan menunda waktu! Kalau kita punya rencana untuk keluarga kita, buatlah program Estate planning. Toh kita bisa merubahnya kapan waktu kita mau, sesuai dengan keadaan kita. Inilah kegunaan dari Estate Planning.

Nah, Dari semua yang sudah saya terangkan diatas, kegunaan Estate planning yang paling penting adalah memberikan ketenangan batin.

Ketika anda sudah penyiapkan segala sesuatu dengan baik, jelas, lengkap dan berguna untuk keluarga anda, apa yang akan anda rasakan? Ketenangan dan kedamaian batin , bukan? Karena keluarga anda sudah terjamin, dan kalau terjadi apa-apa, semua sudah diatur dengan baik, dan tidak akan ada kekacauan.  Estate planning yang baik adalah hadiah terbaik yang bisa anda berikan kepada keluarga yang anda cintai.

Demikian informasi tentang Estate Planning. Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan menghubungi kami di nomor telpon Toll Free: 1-855-821-2062

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here