Informasi berikut ini, dalam bentuk pertanyaan dan jawaban, bukanlah bagian dari Wasiat berdasarkan UU California. Informasi ini dibuat untuk membantu Anda memahami Surat Wasiat dan untuk memutuskan jika Surat Wasiat ini memenuhi keperluan Anda. Surat Wasiat ini disediakan dalam formulir yang sederhana. Teks lengkap dari tiap paragraf Surat Wasiat ini dicetak pada akhir Surat Wasiat.

  1. Apa yang terjadi jika saya meninggal dunia tanpa Wasiat? Jika Anda meninggal dunia tanpa surat Wasiat, apa yang Anda miliki (“aset” Anda) atas nama Anda sendiri akan dibagikan kepada suami/istri, pasangan, anak-anak, atau relatif lain sesuai hukum negara bagian. Pengadilan akan menunjuk seorang relatif untuk mengambil dan membagikan aset Anda.
  2. Apa gunanya Wasiat bagi saya? Di surat Wasiat Anda dapat memutuskan siapa yang akan menerima aset Anda saat Anda meninggal dunia. Anda dapat menunjuk seseorang (“pelaksana”) untuk menghadap di pengadilan, mengambil aset Anda, membayar hutang-hutang dan pajak Anda, dan membagikan aset Anda sesuai spesifikasi Anda. Anda dapat menunjuk seseorang (“wali”) untuk merawat anak-anak Anda di bawah usia delapan belas. Anda dapat menunjuk seseorang (“pengasuh”) untuk mengatur aset bagi anak-anak Anda hingga mereka mencapai usia 18 sampai 25 tahun.
  3. Apakah dengan adanya Wasiat saya tidak memerlukan pengesahan dari hakim? Dengan atau tanpa surat Wasiat, aset atas nama Anda biasanya menjalani proses pengesahan hakim pengadilan. Tugas pertama hakim adalah memastikan jika Wasiat Anda valid.
  4. Apa itu harta milik bersama? Dapatkah saya memberikan porsi saya kepada orang lain di dalam surat Wasiat? Jika Anda sudah menikah dan Anda atau suami/istri Anda mendapatkan uang dalam masa suami-istri dari kerja dan upah, uang tersebut (dan aset yang dibeli dengan uang tersebut) adalah harta milik bersama. Wasiat Anda hanya membolehkan Anda untuk memberikan setengah harta milik bersama Anda kepada orang lain. Wasiat Anda tidak dapat memberikan porsi dari jumlah sisa milik suami/istri Anda kepada orang lain.
  5. Apakah Wasiat saya mengharuskan saya memberikan semua aset yang saya miliki? Apakah semua aset akan menjalani pengesahan dari hakim? Tidak. Uang dalam rekening gabungan secara otomatis akan dimiliki oleh pemilik satu lagi danpa pengesahan dari hakim. Jika suami/istri, pasangan, atau anak-anak Anda terdapat dalam akte rumah Anda sebagai pemilik bersama, rumah tersebut secara otomatis diwariskan kepada mereka. Asuransi jiwa dan program pensiun manfaat Anda akan diwariskan langsung ke sang penerima. Surat Wasiat tidak secara pasti berkuasa akan pewarisan jenis-jenis aset yang tidak memerlukan pengesahan hakim.
  6. Apakah terdapat bermacam jenis Wasiat? Ada surat Wasiat tertulis, yang diketik, yang dituliskan oleh Kuasa, dan yang berdasarkan UU. Semuanya valid jika dilakukan sesuai dengan UU. Anda sebaiknya berkonsultasi dengan pengacara jika Anda tidak ingin menggunakan Wasiat berdasarkan UU ini atau jika Anda tidak memahami formatnya.
  7. Siapa yang dapat menggunakan Wasiat ini? Wasiat ini didasarkan kepada hukum negara bagian California. Surat ini diperuntukkan khusus bagi penduduk California. Anda dapat menggunakan format ini jika Anda lajang, menikah, anggota pasangan domestik, atau sudah bercerai. Anda harus berusia atau lebih dari 18 tahun dan sudah berwenang untuk memiliki keputusan sendiri.
  8. Adakah alasan mengapa saya sebaiknya TIDAK menggunakan surat Wasiat berdasarkan UU ini? Ini adalah surat Wasiat sederhana. Surat ini tidak dibuat untuk mengurangi jumlah pajak kematian atau pajak lainnya. Berkonsultasilah dengan pengacara untuk merencanakan program pajak, terutama jika (i) aset Anda berjumlah lebih dari US$600.000 atau lebih dari jumlah yang tersedia saat ini yang tidak termasuk dalam pungutan waris di bawah hukum federal saat Anda meninggal dunia, (ii) Anda memiliki aset terkait usaha, (iii) Anda ingin membuat dana perwalian untuk pendidikan anak-anak Anda atau untuk tujuan lain, (iv) Anda memiliki aset di negara bagian lain, (v) Anda ingin mencabut hak waris suami/istri, pasangan, keturunan Anda, atau (vi) Anda memiliki bunga bernilai dalam program pensiunan atau program bagi hasil Anda. Anda sebaiknya berkonsultasi dengan seorang pengacara yang memahami rencana waris jika Wasiat ini tidak sesuai dengan keperluan Anda. Wasiat ini memperlakukan sebagian besar anak-anak adopsi seperti anak-anak kandung. Anda sebaiknya berkonsultasi dengan pengacara jika Anda memiliki anak tiri atau anak asuh yang belum Anda adopsi.
  9. Dapatkah saya menambahkan atau menghilangkan kata-kata di Wasiat ini? Jika ya, Wasiat ini tidak lagi valid atau pihak pengadilan dapat tidak menghiraukan kata-kata yang dihilangkan atau ditambahkan. Anda hanya boleh mengisi bagian-bagian yang kosong. Anda boleh memperbaru Wasiat ini dengan dokumen terpisah (ketentuan tambahan). Berkonsultasilah dengan pengacara jika Anda ingin menggunakan aset Anda untuk sesuatu yang dilarang dalam Wasiat ini.
  10. Dapatkah saya merubah Wasiat saya? Surat Wasiat tidak akan berlaku hingga Anda meninggal dunia. Anda dapat membuat dan menandatangani Wasiat baru. Anda dapat merubah Wasiat Anda setiap saat, namun hanya dengan sebuah amandemen (ketentuan tambahan). Anda dapat memberikan atau menjual aset Anda kepada orang lain sebelum Anda meninggal dunia. Surat Wasiat Anda hanya berlaku untuk aset-aset yang Anda miliki saat Anda meninggal dunia.
  11. Dimana sebaiknya saya menyimpan Wasiat saya? Setelah Anda dan para saksi menandatangani Wasiat, simpanlah surat Anda dalam brankas Anda atau tempat lainnya yang aman. Anda sebaiknya memberitahu anggota keluarga yang ada percayai mengenai dimana Anda menyimpan Wasiat Anda.
  12. Kapan sebaiknya saya merubah Wasiat saya? Anda harus membuat dan menandatanganni Wasiat baru jika Anda menikah, bercerai, atau memutuskan hubungan dengan pasangan domestik Anda setelah Anda menandatangani Wasiat ini. Perceraian, pembatalan, atau pemutusan hubungan domestik secara otomatis membatalkan semua barang yang dinyatakan untuk diwariskan kepada mantan suami, istri, atau pasangan domestik dalam surat ini, dan mencabut pengutusan mantan suami/istri atau pasangan domestik sebagai pelaksana, wali, atau pengasuh. Anda sebaiknya menandatanganni Wasiat baru ketika Anda memiliki tambahan anak-anak, atau jika suami/istri atau anak-anak Anda meninggal dunia, atau pasangan domestik Anda meninggal atau menikah. Anda mungkin ingin merubah Wasiat Anda jika terdapat perubahan besar dalam nilai aset Anda. Anda juga mungkin ingin merubah Wasiat Anda jika Anda mendirikan hubungan domestik atau hubungan domestik Anda dihentikan setelah Anda menandatangani Wasiat ini.
  13. Apa yang dapat saya lakukan jika saya tidak memahami suatu hal dalam Wasiat ini? Jika terdapat hal yang tidak Anda pahami, konsultasikanlah dengan seorang pengacara.
  14. Siapakah itu pelaksana? Seorang ‘pelaksana’ adalah orang yang Anda tunjuk untuk mengambil aset Anda, membayarkan hutang-hutang dan pajak Anda, dan membagikan aset Anda sesuai arahan hakim pengadilan. Bisa merupakan seseorang atau bank terkualifikasi atau perusahaan yang dipercaya.
  15. Apakah sebaiknya saya memerlukan obligasi? Pelaksana Anda mungkin akan perlu mengumumkan “obligasi”. Obligasi adalah bentuk jaminan untuk mengganti aset yang mungkin salah dikelola atau dicuri oleh pelaksana. Biaya obligasi dibayarkan dari aset pewaris.
  16. Siapakah itu wali? Haruskah saya menunjuk seseorang? Jika Anda memiliki anak-anak di bawah 18 tahun, Anda sebaiknya menunjuk wali dari orang-orang yang mereka kenal untuk mengasuh mereka.
  17. Siapakah itu pengasuh? Haruskah saya menunjuk seseorang? Seorang “pengasuh” adalah orang yang dapat Anda tunjuk untuk mengelola aset untuk seseorang (termasuk anak) yang berusia di bawah 25 tahun dan yang menerima aset di bawah Wasiat Anda. Pengasuh mengatur aset dan membayarkan berapa pun yang pengasuh tersebut tetapkan untuk kesehatan, bantuan, perawatan, dan pendidikan. Pengasuh menyerahkan apa saja yang tersisa kepada orang yang diasuh ketika orang tersebut mencapai usia yang telah Anda tetapkan (dari usia 18 hingga 25). Tidak diperlukan obligasi untuk pengasuh.
  18. Apakah sebaiknya saya bertanya kepada orang-orang yang hendak saya tunjuk jika mereka bersedia untuk berlaku sebagai peran yang saya berikan kepada mereka sebelum saya menunjuk mereka sebagai pelaksana, wali, atau pengasuh? Mungkin ya. Beberapa orang dan bank dan perusahaan terpercaya mungkin tidak akan bersedia atau tidak terkualifikasi untuk berlaku sebagai peran yang Anda berikan.
  19. Apa yang terjadi jika saya memiliki pemberian dalam Wasiat ini kepada seseorang dan orang tersebut meninggal dunia sebelum saya? Seseorang harus bertahan 120 jam setelah Anda meninggal untuk mengambil pemberian di bawah Wasiat ini. Jika tidak, maka pemberian tersebut gagal diberikan bersama dengan aset Anda yang lain. Jika orang tersebut yang meninggal lebih dahulu tersebut adalah relatif atau suami/istri Anda, maka aset-aset tertentu dapat diberikan kepada keturunan relatif tersebut.
  20. Apakah itu trust? Terdapat banyak jenis trust, termasuk trust yang dibuat oleh surat Wasiat (trust testamen) dan trust yang dibuat selama masa hidup Anda (trust hidup yang dapat dicabut). Keduanya adalah pengaturan jangka panjang di mana seorang pengelola (orang terpercaya) menginvestasi dan mengatur aset untuk seseorang (penerima) dalam persyaratan yang telah Anda tetapkan. Trust ini terlalu rumit untuk digunakan dalam Wasiat berdasarkan UU ini. Anda sebaiknya berkonsultasi dengan pengacara jika Anda ingin membuat trust.
  21. Apakah itu pasangan domestik? Anda memiliki pasangan domestik jika telah memenuhi persyaratan legal dan mengajukan formulir berjudulkan “Deklarasi Hubungan Domestik” dengan Sekretaris Negara Bagian. Meski adanya Bagian 299,6 dari UU Keluarga, jika Anda belum mengajukan Deklarasi Hubungan Domestik dengan Sekretaris Negara Bagian, Anda tidak memenuhi definisi yang disyaratkan dan tidak boleh menggunakan bagian formulir Wasiat berdasarkan UU ini yang merujuk kepada pasangan domestik meskipun Anda telah meregistrasikan hubungan domestik Anda dengan entitas negara lainnya. Jika Anda tidak yakin Anda memiliki pasangan domestik atau jika hubungan domestik Anda memenuhi definisi yang disyaratkan, mohon menghubungi kantor Sekretaris Negara Bagian.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here