Tidak membutuhkan banyak hal.

Hari Senin tidak harus menjadi hari terburuk dalam seminggu.

Justru, ini seharusnya menjadi hari yang menetapkan standar hari-hari berikutnya. Hari ini, putuskanlah ke mana berjalannya pekan Anda. Ingatkanlah diri Anda akan tujuan Anda. Dan lakukanlah kebiasaan yang akan membawa Anda ke tujuan tersebut dengan cepat dan efektif.

Bagaimana?

Lakukan 8 hal cepat ini, dan Anda akan siap:

1. Buatlah list semua yang ingin Anda selesaikan, dan kategorikanlah hal-hal yang serupa.

 Ini disebut chunking (membagi menjadi bagian-bagian besar).

Ini merupakan teknik yang sangat efektif dan produktif.

Buatlah sebuah list semuanya yang harus Anda lakukan, kemudian kategorikan yang serupa bersama – dan laksanakan tiap chunk sekaligus. Karena, akan lebih sulit (dan memakan waktu) untuk melakukan hal-hal berbeda dengan bergiliran daripada menyatukan beberapa hal dalam satu zona spesifik dan melakukan semua hal yang senada dengan mindset yang sama pula.

2. Senin pagi, selesaikan satu hal.

Tidak ada yang lebih memuaskan daripada merasa sudah lancar dalam hal yang Anda kerjakan.

Dan cara yang paling mudah untuk mendorong rasa tersebut adalah untuk menyelesaikan satu hal kecil dalam list Anda. Mungkin Anda akhir-akhir ini berpikir untuk membalas email – lakukanlah. Mungkin Anda telah menunda-nunda mengunggah post blog sederhana – lekaslah lakukan.

Lakukan sesuatu yang akan membuat Anda merasa terkendali.

3. Buatlah rencana sosial untuk hari-hari di minggu yang sama, lebih dahulu.

Anda akan melakukan hal sosial di pekan ini, maka rencanakanlah itu sekarang – dan (sebaik mungkin) jangan katakan ya kepada kegiatan apa pun di luar rencana tersebut.

Banyak orang membiarkan mereka diatur jadwal mereka sendiri, dibanding mengatur jadwal mereka. Dan satu kesalahan besar yang orang-orang lakukan dalam hal manajemen waktu adalah membiarkan lowongan waktu untuk diisi orang lain.

Jangan biarkan tanggung jawab tersebut jatuh di tangan orang lain.

4. Pilih satu tujuan utama minggu Anda, dan ukurlah keberhasilan Anda dari dasar tersebut.

Setiap pekan, pilihlah satu tujuan tertentu yang dapat Anda selesaikan di akhir minggu.

Mungkin minggu ini tujuan utama Anda adalah merekrut orang baru. Atau mengatur ulang lemari Anda. Apalah itu tidak terlalu penting, selama Anda akan terbiasa memilih tujuan utama pekan Anda dan memastikan Anda setidaknya menyelesaikan hal itu.

Jika itu sudah menjadi kebiasaan Anda, Anda dapat menargetkan tujuan pekan yang lebih besar dan lebih sering – dan Anda akan berhasil.

Namun mulailah dengan hal kecil.

5. Berbelanjalah di Hari Senin untuk Pekan tersebut.

Lakukanlah.

Gagal bersiap-siap berarti siap-siap untuk gagal.

Makanan adalah contoh yang baik.

Daripada membiarkan jadwal Anda mengatur waktu makan Anda, rencanakanlah lebih dulu. Pergilah ke pasar, belilah apa saja yang Anda butuhkan untuk pekan itu, dan bahkan buatlah beberapa makanan dalam porsi besar yang kemudian dapat Anda makan sedikit-sedikit di antara Senin dan Jumat.

6. Minumlah kopi dingin.

Tidak memerlukan waktu lama untuk memesan, dan dengan meminum kopi dingin, Anda akan meningkatkan produktivitas Anda secara signifikan.

Fakta.

7. Jangan periksa email Anda sampai jam 12 siang.

Senin pagi Anda akan jauh lebih produktif jika Anda memulai hari Anda dengan menyelesaikan tugas yang sulit dahulu, daripada menjawab surat-surat di inbox Anda.

8. Pasang alarm pengingat untuk mengambil 5 hingga 10 menit untuk diri Anda setiap 1,5 hingga 2 jam.

Siapa pun yang mengatakan menjadi produktif adalah dengan terus-terusan bekerja selama berjam-jam tanpa istirahat pasti tidak pernah memaksimalkan produktivitas mereka.

Satu dari hal-hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk membuat hari Senin (atau hari apa pun) Anda lebih efektif adalah dengan sementara menarik diri dari pekerjaan Anda untuk menjernihkan pikiran Anda.

Tapi jangan menjadi orang yang meninggalkan komputernya hanya untuk berdiri di luar dan memelototi handphone. Itu sama saja tidak membantu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here