Para ahli pemasaran telah meningkatkan keuntungan bagi klien sebesar 800 persen. Tingkatkan brand Anda dan jualkan dengan pemasaran melalui Facebook. Ini caranya.

  1. Buat profil Facebook yang menarik.

Ketika seseorang mengenal, menyukai, dan mempercayai Anda, mereka akan lebih mau mendengar berita mengenai bisnis Anda. Profil Anda memberikan kesempatan ini ketika Anda menggunakan foto profil; foto cover, dan kolom “about” Anda dengan baik.

Pilihlah foto profil yang profesional. Gunakan foto cover Anda untuk memberi orang-orang gambaran mengenai kepribadian Anda. Kolom “about” yang memadai akan menambah kredibilitas Anda dan melengkapi kepribadian Anda.

  1. Buat post untuk dilihat secara umum di Facebook Anda.

Tujuan Anda adalah memberitahu teman-teman Anda mengenai seperti apa pekerjaan Anda dan bagaimana Anda dapat membantu mereka dengannya. Misalnya, jika Anda seorang agen real estate:

Hai semuanya! Seperti yang teman-teman ketahui, saya senang membantu orang-orang menemukan rumah impian mereka. Jika kalian tahu seseorang yang memerlukan bantuan saya, mohon kabari saya.

Jika Anda karyawan asuransi:

Halo! Seperti yang teman-teman ketahui, saya senang membantu keluarga terjaga dari peristiwa merugikan yang tidak diduga. Jika kalian tahu seseorang yang memerlukan asuransi jiwa, mohon kabari saya.

3. Gunakan Facebook Messenger.

Seperti email, tetapi lebih bagus. Jika Anda telah bercakap-cakap dengan seseorang yang dapat dijadikan prospek dan Anda siap untuk berbicara lagi dengan mereka, Anda dapat langsung melanjutkan percakapan kalian sebelumnya.

Jika Anda sudah lama tidak berbicara kepada teman Anda, pastikan untuk memulai ulang hubungan Anda. Anda tidak ingin mereka merasa seperti Anda hanya mendatangi mereka untuk urusan bisnis saja. Anda dapat berkata, “Hey! Kita sudah lama tidak mengobrol. Apa kabar?” Hanya obrolkan produk Anda jika mereka bertanya mengenai pekerjaan Anda.

  1. Kirim pesan-pesan mengenai apa yang kalian bicarakan dalam percakapan lama dan apa yang Anda tahu mengenai teman tersebut.

Misalnya untuk seorang agen real estate:

Hey Tom! Saya tahu kamu suka rumah dengan pemandangan yang bagus, dan sepertinya saya ingat kamu tempo hari sedang mencari rumah. Bagaimana jika kamu lihat properti dengan pemandangan danau yang luar biasa ini? Mau datang melihat-lihat bersama saya?

Untuk seorang karyawan asuransi:

Hey Alicia! Saya tahu kita berdua dekat dengan keluarga kita masing-masing, dan saya seru sekali melihat kisah-kisah keluargamu di Facebook. Kebetulan ada opsi asuransi jiwa baru di perusahaan kami yang baru saja diluncurkan. Opsi ini memberikan jaminan-jaminan yang berbeda dari kebijakan lainnya. Apakah kamu tertarik untuk mendengarnya?

  1. Teruskan percakapan.

Sangat menyenangkan jika ada yang merespon pesan Anda! Ucapkan terima kasih untuk respon mereka, berikan informasi tambahan: foto, video, dan rincian penawaran Anda, lalu beritahu mereka langkah berikutnya.

Jika Anda belum dibalas, kirimkan mereka pesan sekali seminggu dan tanyakan jika mereka ingin mengambil langkah berikutnya. Bersabarlah. Tidak semua orang memerika Facebook mereka sehari-hari.

  1. Tetaplah berhubungan.

Tinggal menunggu waktu hingga teman-teman menginginkan produk Anda. Tetaplah berhubungan di Facebook dengan membuat post yang berkualitas dan berinteraksilah dengan post-post teman-teman Anda. Membuat isi post yang berkualitas adalah hal yang bagus untuk menyeimbangkan urusan bisnis dan pribadi: terlalu banyak di salah satu dapat menghasilkan kegagalan. Berlakulah personal di 80% waktu Anda. Orang-orang melakukan bisnis dengan mereka yang memiliki hubungan baik; maka buatlah post mengenai apa yang Anda pikirkan. Buatlah post mengenai bisnis di 20% lain waktu Anda.

Semakin banyak Anda berinteraksi dengan post teman-teman Anda, semakin sering post mengenai bisnis Anda muncul di newsfeed mereka. Teman-teman Anda juga akan melihat Anda sebagai teman sejati, bukan seseorang yang hanya ingin menjual produk-produk kepada mereka saja. Ketika Anda memberikan komentar pada post teman Anda, tulislah dengan tulus. Sama seperti saat Anda berbicara secara langsung.

  1. Perbanyak teman Anda untuk memperbanyak penghasilan Anda

Dengan lebih dari miliaran pengguna, Facebook menawarkan sejumlah orang-orang yang tak terhitung dengan siapa Anda dapat berbicara jika Anda pelan-pelan membangun hubungan dengan mereka. Aplikasi Facebook Graph Search membantu Anda memberikan solusi masalah dengan prospek baru dengan memperlihatkan database mereka kepada Anda. Yang Anda perlu lakukan adalah pelan-pelan mencari prospek tersebut dan bangunlah hubungan dengan mereka.

  1. Buatlah sebuah grup untuk tim support dan penjualan.

Baik Anda seorang manajer yang memotivasi sebuah tim, atau memiliki grup rekan-rekan industri yang mau mendukung satu sama lain, Facebook Group adalah jawabannya. Anda dapat melakukan banyak hal jika Anda memiliki sebuah grup yang berisikan orang-orang yang dengan keras bekerja untuk meraih tujuan yang sama, membantu satu sama lain setiap waktu.

Ketika Anda memulai grup, buatlah post setidaknya beberapa kali seminggu. Ini dapat berupa pertanyaan, kata-kata motivasi, foto, atau video. Selalu like dan berikan komentar di post orang lain juga. Grup-grup ini berjalan 24 jam sehari. Ketika dikelola dengan benar, grup ini akan menjadi landasan kesuksesan Anda.

  1. Ingat, Facebook adalah bagian dari strategi Anda, bukan seluruh strategi Anda.

Facebook menghubungkan Anda kepada orang-orang baru dan membantu Anda membangun hubungan. Namun, Anda masih harus berbicara dengan orang-orang secara langsung, melalui telepon, dan di beberapa kegiatan acara. Mereka juga perlu mengalami “rasa” yang Anda tawarkan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here