Manfaat bank bukan hanya saat Anda membutuhkan pinjaman. Berikut ini hal-hal yang dapat dilakukan bank untuk mengembangkan bisnis Anda.

Banyak pemilik usaha kecil berpikir bahwa bank hanyalah tempat menyimpan uang dan meminjam uang saat dibutuhkan. Namun, bank mitra Anda manfaatnya jauh lebih banyak dari itu, terutama kalau bank tersebut berspesialisasi di bidang pertumbuhan usaha kecil.

Bank yang tepat dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan bisnis mendesak dan merencanakan masa depan. Usaha kecil seringkali tidak mengharapkan banyak bantuan dari mitra bank mereka, entah karena batasan waktu atau karena mereka pikir bantuan semacam itu hanyalah untuk perusahaan besar. Ternyata, bank yang tepat dapat membantu usaha Anda dalam lima hal yang cukup mengejutkan.

1. Mengelola aliran uang Anda dengan lebih baik.

Pemilik usaha kecil seringkali sungkan menghubungi bankir dan menunggu sampai mereka mengalami kesulitan aliran uang. Ini adalah sebuah kesalahan. Bank dapat membantu dengan memeriksa piutang-piutang Anda dan mencari jalan agar piutang-piutang itu dibayarkan kepada Anda. Bank juga dapat membantu mencari strategi untuk mengelola aliran uang musiman atau aliran non reguler lainnya. Bank akan memberi rekomendasi untuk kebaikan bisnis.

2. Merampingkan payroll dan pembayaran.

Memakai platform digital dan online, usaha kecil juga dapat bekerja sama dengan bank mereka untuk mengotomatisasi payroll dan pembayaran berulang demi menghemat waktu. Perencanaan matang juga menjaga dana tunai tetap di kas bisnis sampai saatnya ditransfer.
Dengan solusi payroll digital, gaji pegawai dapat dengan mudah dideposit langsung ke rekening mereka. Dengan demikian, usaha kecil dapat mengelola aliran kas sehari-hari dengan lebih efektif, karena mereka tidak perlu menunggu cek untuk kliring. Penyedia layanan payroll juga menangani pemotongan pajak dan membantu usaha kecil untuk mematuhi peraturan state dan federal.

3. Menambah kenalan.

Seorang bankir bisnis memiliki jaringan kontak yang luas yang dapat membantu mencarikan agen pemasaran terbaik di wilayah Anda atau akuntan yang berspesialisasi di bidang Anda. Bankir mitra Anda akan dengan senang hati memperkenalkan mereka kepada Anda untuk membantu bisnis Anda.

4. Mensejajarkan sasaran Anda dalam hal perbankan dan perpajakan.

Jangan biarkan strategi minimisasi Anda tak sengaja mengacaukan kebutuhan-kebutuhan perbankan Anda. “Tujuan perpajakan Anda adalah menunjukkan pemasukan sekecil mungkin agar Anda membayar pajak sekecil mungkin pula. Namun, saat Anda datang ke bank dan menginginkan pinjaman darurat, bankir akan melihat Surat Pemberitahuan Tahunan pajak Anda.

5. Berfungsi sebagai penasehat bijak.

Diskusikanlah rencana pertumbuhan Anda dengan bankir minimal setahun sekali.

Dengan meminta bank melakukan review rekening tahunan dimana bank mengevaluasi pengeluaran-pengeluaran usaha Anda dan mencari cara-cara untuk mengehmat uang. Bankir bisnis Anda akan segera merespon saat Anda memiliki pertanyaan singkat ataupun diskusi strategi. “Lihatlah dunia niaga: Bankir adalah penasehat terpercaya yang membantu pemilik bisnis merintis dan mengembangkan usaha mereka. Usaha kecil hendaknya mengharapkan bantuan dari bank mereka.”

Bank bisnis yang baik dapat membantu Anda menentukan dan memanfaatkan peluang pertumbuhan yang penting. Melibatkan bankir dalam bisnis Anda bukan hanya mempererat hubungan Anda dengan mereka, tapi juga berarti Anda mendapatkan pendukung, mitra, dan perwakilan di komunitas Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here