The Harvard Business Review baru-baru ini menerbitkan penelitiannya tentang perbedaan antara salesman biasa dengan salesman hebat, dan tidak ada hubungannya dengan network yang luas.

Berikut beberapa poin penting dari penelitian tersebut.

Kualitas mengalahkan kuantitas

Memiliki 20-40 koneksi berarti Anda bisa membangun hubungan berkualitas dengan sedikit orang dibandingkan hubungan tak berkualitas dengan banyak orang. Penelitian menunjukkan bahwa menyempatkan waktu dengan sedikit orang adalah resep ajaib untuk mendapat hasil.

Kalau Anda mengejar terlalu banyak deal, Anda akan kewalahan dan ini akan mengurangi peluang closing Anda. Jika seorang prospek kelihatan tidak mau atau terlalu bertele-tele, sebaiknya Anda tinggalkan.

Manfaatkan Hubungan Sebenar-benarnya

Menurut penelitian di atas, mereka yang sukses adalah yang hubungannya lebih berkualitas dengan jaringan di dalam organisasi mereka sendiri, dengan menyempatkan rata-rata 10-15 jam mengobrol kecil dengan mereka. Sekali lagi, yang penting adalah kualitas hubungan Anda, bukan kuantitas.

Totalitas Atau Tidak Sama Sekali

Seperti kata Thomas Edison, tak ada yang dapat menggantikan kerja keras. Semua keberhasilan dalam penelitian tersebut di atas tergantung pada waktu yang disempatkan dan usaha keras yang dilakukan. Sales adalah pekerjaan yang menuntut Anda untuk bekerja keras, tapi hasilnya luar biasa.

Salesman paling sukses bekerja siang malam. Seperti selalu saya bilang, produktifitas dalam sales itu elastis, artinya ia dipengaruhi oleh produktifitas yang ingin Anda tingkatkan. Jika Anda mengambil x waktu seorang salesman, berarti dia kehilangan x deal, karena salesman diukur dengan banyaknya deal. Tidak ada kata setengah deal. Yang ada adalah deal atau tidak sama sekali.

Salesman yang luar biasa mengetahui bahwa Anda harus bekerja sepanjang yang dibutuhkan untuk menuntaskan pekerjaan Anda. Kalau Anda tidak bersedia bekerja di luar jam kantor, maka mungkin Anda tidak cocok di bidang sales. Kalau Anda merasa Anda tidak mendapatkan kesempatan yang Anda perlukan untuk meningkatkan kinerja penjualan Anda, mungkin sudah saatnya Anda pindah perusahaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here