Banyak orang yang tidak mempunyai rencana dalam hidup mereka, dan akhirnya menjadi beban bagi anggota keluarga mereka pada saat mereka tidak ada lagi.  Asuransi jiwa atau Life insurance adalah bukti kalau kita mencintai keluarga kita, dan tidak ingin menjadi beban untuk keluarga, bahkan bisa meninggalkan legacy untuk masa depan keluarga kita.

Salah satu jenis dari Life Insurance adalah Final Expense.

I. Apa itu Final Expense?

Final Expense adalah Life Insurance untuk membayar biaya-biaya yang dibutuhkan untuk mengurus semua acara pemakaman, mulai dari persiapan, biaya untuk di rumah duka, pemakaman, dan yang lain-lain.

Dengan keterbatasan lahan, dan mahalnya ongkos,  biaya pemakaman bisa berkisar antara $7,500 sampai $35,000 tergantung keinginan. Mau dikremasi dengan biaya yang jauh lebih sedikit, atau dimakamkan dengan biaya yang lebih besar.

Banyak orang merasa tabu untuk membicarakan tentang apa rencana kita untuk akhir hidup kita tersebut, padahal, ini merupakan hal yang sangat penting. Dengan rencana saja, apa yang kita rencanakan kadang tidak sesuai dengan apa yang terjadi, apalagi tanpa rencana.

Pada saat keluarga kehilangan orang yang dikasihi, pasti duka yang mendalam untuk keluarga, pasangan, anak, ataupun orang tua. Pada saat-saat duka seperti ini, jarang yang masih bisa berpikir dengan tenang dan waras. Banyak orang yang pada saat duka, tiba-tiba menjadi paralyzed atau tidak bisa berpikir ataupun bertindak apa-apa. Itulah pentingnya kita memiliki final expense untuk keluarga kita.

II. Apa bedanya antara Final Expense dengan Life Insurance biasa?

Final Expense adalah salah satu jenis life insurance (biasanya dalam bentuk whole life – atau harus dibayar seumur hidup) dalam jumlah yang kecil. Biasanya hanya berjumlah $5,000 sampai $35,000 dan tanpa perlu untuk mengetes kesehatan waktu kita membelinya.

Biasanya Final Expense ini:

  1. sangat simple dan
  2. harganya berdasarkan table usia dan berapa jumlah uang yang kita butuhkan untuk biaya tersebut. Dan biasanya uang klaimnya bisa diterima oleh anggota keluarga dalam waktu 48 jam sampai 1 minggu dari saat keluarga melaporkan kematian anggota keluarga tersebut ke agent atau life insurance company yang bersangkutan – tergantung dari masing-masing company. Biasanya tidak membutuhkan copy surat kematian.

Sedangkan Life Insurance atau asuransi jiwa yang lain, prosesnya bisa memakan waktu antara 2 minggu sampai 2 bulan, tergantung dari keadaan, dan untuk mengklaimnya, harus menunggu sampai surat kematian selesai di proses.

Jadi pada prinsipnya, Final Expense adalah “Bridge” atau uang cepat yang bisa segera dipakai apabila keluarga membutuhkan uang untuk biaya pengurusan pemakaman, dan yang lain-lainnya.

III. Enhance Final Expense – Perkembangan Final Expense:

Seiring dengan perkembangan jaman, dan untuk memperingan beban kesedihan dan paperwork yang perlu disiapkan oleh keluarga pada saat-saat duka, ada satu perusahaan yang menawarkan bukan hanya program final expense, tetapi Final Expense termasuk Funeral Concierge atau final expense dengan pelayanan pemakaman satu pintu. Ini bukan berarti mereka menjual tanah pemakaman, atau paket yang lain, tetapi: artinya program ini tetap adalah Final Expense Insurance , hanya saja, termasuk tambahan feature sebagai berikut:

  • company ini mempunyai 24/7 atau layanan 24 jam untuk anggota keluarga melapor kepada mereka tentang kematian pemegang polis mereka. Perusahaan yang akan membantu untuk mencarikan rumah duka yang sesuai dengan keinginan pemegang polis atau keluarganya, termasuk menawar harga di rumah duka tersebut atas nama keluarga,
  • membantu keluarga mencarikan lokasi pemakaman,
  • Keluarga tinggal Mengikuti program yang sudah di atur oleh pemegang polis semasa mereka hidup (misalnya: acara keagamaan apa yang diinginkan, video, lagu-lagu, dan arrangement lain yang sudah disusun dan ditulis oleh pemegang polis untuk mengenang dirinya). Pemegang polis bisa memasukkan semua data-data tersebut di sistem yang diberikan ke masing-masing pemegang polis di website mereka.
  • Keluarga bisa mendapat keterangan tentang nomor rekening bank, deposito, surat warisan, dan yang lain-lain yang sudah disiapkan oleh pemegang polis. Karena tanpa informasi ini, maka keluarga tidak akan tahu apa-apa yang dimiliki oleh anggota keluarga tersebut, yang akhirnya bisa menjadi “unclaimed assets
  • Kalau pemegang polis meninggal dunia di negara lain, atau kota lain, company ini akan membantu untuk mencarikan rumah duka, flight, menghubungi consulate di negara tersebut, membantu mengurus surat-surat yang dibutuhkan, termasuk menawar harga flight atau angkutan yang akan digunakan. Service bisa dipakai diseluruh dunia.
  • Uang asuransi dijamin keluar dalam 48 jam atau 2 hari setelah keluarga melapor ke perusahaan. Jadi keluarga bisa langsung memakai uang tersebut untuk membayar biaya-biaya yang harus dibayarkan ke funeral home atau service yang lainnya.

IV. Siapa yang bisa mengikuti program ini?

Program ini di design untuk orang-orang usia 0 – 85 tahun. Selama orang tersebut sehat, atau hanya punya keadaan kesehatan yang tidak begitu membahayakan, mereka masih bisa membeli program ini.

Ex penderita kanker atau penyakit berat yang lainnya pun masih bisa membeli program ini apabila sudah dinyatakan sembuh oleh dokter atau dalam keadaan yang stabil.

Tetapi tentu saja, karena program ini adalah salah satu program Life Insurance, pastinya kalau seseorang sudah dalam keadaan sakit berat, sudah tinggal dirumah sakit, sudah tergantung dengan kursi roda, menderita penyakit kronik, menggunakan oksigen atau gagal ginjal, gagal jantung, Alzheimer, dementia, kelainan jiwa, gagal liver, penyakit COPD, AIDS, HIV, dan penyakit berat yang lainnya, mereka sudah tidak bisa mengikuti atau membeli program ini.

V. Kapan kita harus mulai memikirkan untuk memiliki program seperti ini?

Jawabannya adalah sekarang, atau secepatnya, selagi kita sehat. Karena kita tidak memiliki bola Kristal yang bisa memperlihatkan kapan dan dimana kita akan meninggalkan dunia ini.

Kesimpulannya:

Final expense mempunyai tujuan agar kita tidak menjadi beban bagi keluarga pada saat akhir kehidupan kita dengan biaya pemakaman kita.

Bagi anda yang mempunyai pertanyaan, atau tertarik dengan program ini, silahkan hubungi kami, dan bagi anda yang ingin mendapatkan 10 tips and traps if one buy a life insurance, please register at our website link as below.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here