Ketika merekrut karyawan apa pun, kita selalu ingin karyawan yang terbaik, seseorang dengan bayaran terjangkau tapi dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik, dan tentunya, seseorang yang dapat kita percaya. Sebagai bagian proses perekrutan, Anda akan ingin mewawancarai kandidat-kandidat Anda sebaik mungkin. Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang mungkin akan ingin Anda sertakan dalam daftar pertanyaan Anda ketika melakukan pemilihan asisten virtual Anda.

Keahlian apa yang kamu miliki dan dapat kamu gunakan dalam usaha/industri ini?

 Ini sangat penting untuk alasan yang jelas. Ketika mencari kandidat yang tepat, Anda ingin seseorang yang memiliki gambaran mengenai apa yang akan mereka hadapi, dan sudah tahu apa yang diharapkan. Perhatikan keahlian-keahlian spesifik yang dapat Anda gunakan atau maksimalkan, atau bahkan kembangkan sehingga hubungan kerja dengan asisten virtual Anda dapat berjalan lancar.

Apakah kamu memiliki pengalaman terkait usaha atau industri ini?

 Ini juga pertanyaan yang penting, yang mungkin Anda ingin prioritaskan. Ini membantu Anda menetapkan hal spesifik mana yang sudah diketahui kandidat dengan apa mereka akan bekerja. Ini juga memberikan Anda gambaran jika Anda mungkin perlu memberikan pelatihan tambahan untuk kandidat Anda. Asisten virtual yang memiliki pengalaman dalam usaha atau industri yang Anda dalami dapat membantu Anda memiliki waktu yang efisien dalam memberikan pelatihan kepada mereka. Jika Anda beruntung, Anda bahkan dapat mendapatkan seseorang yang bisa langsung bekerja.

Ingatlah bahwa pengalaman tidak selalu wajib dan hanyalah satu aspek yang Anda ingin tahu selain kemampuan dan kesempatan lain yang para kandidat tersebut miliki.

Apakah kekuatan dan kelemahan kamu?

 Anda tidak hanya mengukur kekuatan dan kelemahan mereka, namun ukurlah juga bagaimana mereka menjawab pertanyaan ini. Kandidat yang kompeten akan dapat memberikan jawaban mereka dengan lancar. Namun, seseorang yang menggambarkan dirinya dengan kelemahan yang sederhana, atau tanpa kelemahan sama sekali adalah tanda bahwa orang tersebut sulit untuk berubah dan tidak dapat menerima kritik dengan baik, terutama jika ia melakukan kesalahan. Kandidat ini dapat memiliki kesulitan menerima pertanggungjawaban untuk kesalahan itu juga.

Pernahkah kamu bekerja dengan klien yang memiliki kesulitan menjelaskan apa yang mereka butuhkan?

 Pertanyaan ini dapat memberikan banyak wawasan dari kandidat Anda, terutama jika ini adalah sesuatu yang telah mereka alami sebelumnya. Salah satu masalah yang dihadapi mayoritas perekrut dan asisten virtual mereka adalah mereka tidak dapat menjelaskan apa yang ingin mereka lakukan. Jika asisten virtual tidak dapat menemukan cara untuk mengejar dan mendapatkan detil yang cukup, hasil pekerjaan tersebut tidak akan sempurna, dan perekrut kemudian menjadi tidak puas dengan hasilnya.

Menanyakan kandidat Anda pertanyaan ini dapat membantu Anda melihat kemampuan mereka untuk mengatasi masalah dan inisiatif apa yang akan mereka ambil jika ada suatu hal yang ingin Anda kerjakan namun tidak dapat memberikan detil tambahan.

Apa yang akan kamu lakukan jika kamu kehilangan koneksi internet atau jika komputer kamu berhenti berfungsi?

 Ini membantu Anda memastikan bahwa asisten virtual Anda memiliki rencana cadangan jika seandainya laptop mereka tiba-tiba rusak di tengah-tengah pekerjaan, atau jika koneksi internet mereka tiba-tiba terputus. Mereka harus dapat memastikan bahwa mereka memiliki rencana cadangan seandainya fasilitas mereka tidak dapat bekerja.

Apa yang kamu lakukan di waktu luang?

 Sebagian besar orang percaya bahwa bagian ini tidak relevan dengan pekerjaan. Namun, menanyakan asisten virtual Anda apa yang suka mereka lkukan di waktu luang mereka memberikan gambaran mengenai seperti apa mereka, dan bagaimana mereka bisa menjadi seperti itu. Ini memberikan Anda wawasan dalam bagaimana mereka biasa bekerja, mengatasi stres, menangani masalah eksternal dan internal, dan secara keseluruhan, masa depan mereka dalam usaha Anda.

Apa sasaran kamu untuk dua atau tiga tahun ke depan?

 Ketika merekrut asisten virtual, pastikan bahwa mereka memiliki target yang sama dengan Anda: apakah Anda menjadi seseorang yang akan melakukan pekerjaan tersebut untuk jangka waktu yang spesifik? Maka pastikan asisten virtual yang Anda rekrut dapat bekerja dalam waktu yang lama. Apakah Anda memerlukan mereka untuk sebentar saja? Maka nilailah jika asisten virtual Anda setuju dengan pekerjaan jangka pendek. Jika Anda memerlukan seseorang untuk proyek jangka panjang, pastikan mereka tidak melakukan ini hanya untuk ‘pengalaman’, namun pekerjakanlah seseorang yang siap untuk menetap dan tidak mengerjakan apa pun yang dapat menghambat proyek. Jika Anda memerlukan seseorang untuk proyek jangka pendek, pastikan untuk menjelaskan ini kepada mereka dan bahwa Anda yakin mereka tidak apa dengan pekerjaan jangka pendek.

Apa yang sangat kamu sukai tentang pekerjaan kamu?

 Ini akan memberikan gambaran mengenai apa yang memotivasi asisten virtual Anda. Anda ini asisten virtual yang dapat menghadapi tantangan kerja, dan yang dapat menjadi lebih baik dan memiliki kinerja yang lebih baik. Terlebih lagi, dengan pertanyaan ini, Anda akan tahu jika kandidat tersebut tahu perusahaan Anda dan apa yang perusahaan Anda lakukan. Berikan bonus bagi para kandidat yang mencari tahu tentang perusahaan Anda.

Mempekerjakan asisten virtual tidak seharusnya sulit. Dengan pedoman yang handal dan pertanyaan-pertanyaan yang bagus, Anda akan dapat menemukan orang yang cocok untuk perusahaan Anda. Bagian terbaiknya adalah, ini tidak memakan biaya apa pun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here