Memulai karir usaha saya memang sulit. Saya melakukan banyak kesalahan, namun saya tidak menyesali kesalahan-kesalahan tersebut. Kesalahan-kesalahan itu adalah pelajaran penting bagi saya, namun andai saya mengetahui hal-hal tersebut sebelumnya saat itu. Ini adalah keempat hal yang andai saya tahu sebelum memulai usaha kecil pertama saya bertahun-tahun yang lalu.

  1. Anda bisa

Rasa percaya diri awal saya selalu dihancurkan oleh suara kecil di dalam kepala saya yang mengatakan bahwa saya tidak dapat melakukannya. Jangan meremehkan kekuatan rasa percaya diri. Ingat-ingatlah ke masa kecil Anda ketika orangtua Anda mengatakan bahwa Anda bisa melakukan sesuatu dengan baik. Tidakkah itu memberi Anda kekuatan untuk terus maju?

Itu tidak berubah ketika Anda menjadi dewasa. Anda bisa dan Anda memiliki kekuatan untuk bisa. Pastikan bahwa Anda percaya diri, dan jika Anda tidak bisa memiliki rasa percaya diri, dekatilah seseorang yang Anda kagumi untuk meyakinkan Anda.

  1. Tidak akan memakan waktu selama Anda berpikir

Hikmah konvensional mengatakan bahwa memerlukan setidaknya lima tahun untuk Anda mencapai laba ketika menjalankan usaha kecil. Ini tidak benar. Anda dapat mencapai laba besar tanpa mempertaruhkan segalanya dalam tahun pertama. Umumnya tidak begitu.

Jangan mau dikalahkan oleh orang-orang yang mengatakan Anda tidak akan mencapainya dalam waktu dekat. Saya mencapai keberhasilan besar dengan beberapa usaha kecil saya dalam tahun pertama, dan terkadang dalam keenam bulan pertama.

  1. Fokuslah dalam pencapaian utama Anda

Anda harus memiliki arahan yang tegas. Merupakan prinsip yang sama bagi usaha baru apa pun. Ciptakanlah tujuan-tujuan realistis dan perhatikanlah perkembangan Anda. Lakukan hal yang sama dengan usaha kecil Anda.

Buatlah tujuan sehari-hari, tujuan minggua, tujuan bulanan, dan tujuan tahunan. Jangan takut menjadi ambisius terhadap tujuan-tujuan tersebut. Doronglah diri Anda setiap waktu untuk mencapai mimpi yang tinggi.

  1. Anda memerlukan bantuan

Mungkin satu hal penting yang pernah saya pelajari dari memulai usaha kecil adalah bahwa semua orang memerlukan bantuan. Semua orang memerlukan pembimbing. Sebanyak 99% dari seluruh orang-orang berbisnis sukses mendapatkan bantuan dari orang lain. Itu bisa berupa anggota keluarga, teman, atau seorang pembimbing dengan mana mereka berkenalan di sebuah konferensi di suatu tempat.

Carilah bantuan dari mereka yang lebih sukses dari Anda. Anda harus memiliki rasa rendah hati dan jangan berasumsi bahwa Anda sudah mengetahui semuanya karena bukan begitu.

Ketika saya pertama kali memulai usaha saya, itu adalah hal yang mudah bagi saya untuk ingin terus memiliki kendali dan ingin melakukan semuanya tanpa bantuan orang lain. Itu adalah ide yang bodoh dan perkembangan saya menjadi lebih lambat karenanya.

Bukalah pikiran Anda dan tinggalkan ego Anda di pintu.

Kata-kata Terakhir – Mulailah Usaha Kecil Anda Sekarang

Usaha kecil Anda hidup atau mati tergantung dari keputusan yang Anda buat dan sikap yang Anda miliki dari awal. Saya selalu berkata bahwa Anda harus meninggalkan ego Anda di pintu, buatlah arahan yang kukuh, dan kemudian lakukan saja.

Jangan menunda-nunda. Lakukanlah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here