Houston merupakan salah satu kota terbaik untuk menjadi pintu gerbang pemasaran produk makanan minuman Indonesia di Amerika. Tingkat kesejahteraan ekonomi yang tinggi, iklim pemasaran yang bagus, dan tingginya jumlah penduduk muslim di Houston merupakan beberapa faktor besarnya potensi memasarkan produk halal Indonesia di kota tersebut. Demikian paparan Henk Saroinsong, Konsul Jenderal RI di Houston pada pembukaan forum temu bisnis Made in Indonesia, Indonesian Product Distribution Meeting yang bertemakan 100% Indonesia, 100% Halal di Houston, seperti dikutip dari siaran pers KJRI Houston, Selasa, (18/11).

Produk Indonesia dipandang punya potensi di metropolitan Houston dan sekitarnya yang saat ini memiliki sekitar 1,2% penduduk muslim dari sekitar 6,8 juta penduduk, dan menempati peringkat kesembilan kota dengan penduduk muslim terbanyak di AS. Produk makanan minuman di Houston yang sebagian besar diimpor dari Mexico, Vietnam dan China belum dapat mengisi potensi pasar halal di Houston.

Konjen RI juga menjelaskan kegiatan temu bisnis ini diselenggarakan untuk mempenetrasi produk produk Indonesia di pasar Amerika. Houston sebagai kota keempat terbesar di AS dengan populasi lebih dari dua juta penduduk dan memiliki diversifikasi penduduk yang tinggi adalah tempat yang baik untuk menjadi gerbang bagi produk Indonesia.

Temu Bisnis Made in Indonesia melibatkan lima distributor makanan dan minuman Indonesia yang tidak hanya berasal dari Houston, tapi juga kota lain seperti Los Angeles dan Washington DC. Para distributor ini adalah Indofood, Wira Corporation, Roa Judes, M2B Imports (Coffee Goodday) dan Andri’s Kitchen (Andri’s Tempe).

Para distributor tersebut dipertemukan dengan para pengusaha lokal Houston yang bergerak di bidang usaha retailer, distributor dan supplier makanan di Houston termasuk jaringan supermarket di Houston seperti Vienthoa, Suns Club dan Atlas. Pertemuan ini menghasilkan berbagai kesepakatan dagang yang nantinya akan memperkenalkan lebih banyak lagi produk Indonesia di kota yang terkenal dengan “the space city” tersebut.

Isman Pasha, Konsul ekonomi di KJRI Houston menjelaskan kegiatan business meeting ini adalah bagian dari rangkaian kegiatan Indonesia Week yang diselenggarakan oleh KJRI Houston untuk memperkenalkan Indonesia kepada masyarakat Houston dengan memanfaatkan moment Citizenship Month of Houston selama bulan November. (1009)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here