Wakil Menteri Perdagangan, Bayu Krisnamurthi, menyatakan pendekatan dagang Indonesia dengan Amerika Serikat tidak bisa lagi bersifat umum seperti peningkatan nilai dagang. Pendekatan harus sudah spesifik seperti pembicaraan dagang mengenai produk.

“Hubungan Indonesia-Amerika itu sudah sedemikian matang, sudah sedemikian advanced, kita bersahabat lama sekali. Oleh sebab itu pendekatannya dengan Amerika tidak bisa lagi general harus spesifik,” ujar Bayu, di Kementerian Perdagangan, Jakarta, Jumat (2/3)

Menurut Bayu, pembicaraan dagang antara kedua negara harus masuk ke product by product, termasuk kelompok produk-kelompok produk. Misalnya, pembicaraan dagang mengenai produk sepatu. “Itu dedicated kepada itu harus kita bangun sama-sama,” tegas dia.

“Nggak bisa nanti oh kita akan meningkatkan sekian billion dollar AS. Nggak cukup. Kita harus masuk ke segmen-segmen itu,” tambahnya.

Bayu mengatakan, pelaku usaha Indonesia juga harus melihat secara khusus kota mana yang akan dituju. Hal ini harus sudah dipikirkan dari sekarang ini. Terkait ini, menurut dia, pengusaha jangan hanya takjub dengan kota-kota besar untuk tujuan pemasaran produknya. “Jangan silau dengan kota-kota yang selama ini sebagai kota gede. Masuk ke New York itu persaingannya sangat luar biasa. Susah. Tapi kalau kita masuk misalnya ke Delaware atau daerah lain yang mungkin kedengarannya tidak seseksi kota yang lain di situlah dicek sebenarnya,” pungkas Bayu.

langganan Extra Uang

Save