KabariNews – Banyak sebagian Warga Negara Indonesia (WNI) pergi merantau ke luar negeri untuk meraih sukses serta impiannya. Begitupun dengan Awang, salah satu diaspora Indonesia di New York, Amerika, menceritakan kisah bisnis kulinernya di negeri Paman Sam.

Pada tahun 2000 ia datang ke Amerika, berawal dari bekerja sebagai cuci piring hingga menjadi juru masak tak membuat Awang menyerah, ia pun tetap gigih menjalankan profesinya itu hingga kini mendirikan usaha resto yang cukup dikenal di Queen, New York.

Mengawali bisnis kuliner, Awang mendirikan usaha catering, yakni  melayani pesanan makanan untuk masyarakat rumahan hingga Perwakilan Tetap Republik Indonesia (PTRI)  dan Konsulat Jenderal Indonesia (KJRI)  di New York .

Namun, baru-baru ini Awang membuat gebrakan yang sangat dahsyat  dalam waktu tiga bulan, restaurant khas Indonesia Awang Kitchen yang terletak di daerah Elmhurst, Queens semakin dikenal sebagai tujuan utama kuliner Asia / Indonesia di New York.

Dalam waktu tiga bulan, Awang Kitchen sudah mendapat  perhatian dan review dari berbagai media ternama di New York, antara lainnya dari New York Times, Food Blog Association, CNN Indonesia, dan juga BBC Indonesia. Selain itu juga, restaurant Awang Kitchen mendapat gelar ranking kedua dari semua Indonesian Food Restaurant di seantero New York.

Sebuah prestasi dan kehormatan yang luar biasa, dalam tiga bulan berdiri. Dan beberapa minggu lalu juga diundang sebagai restaurant host di acara Queens Food Blog Fair, yang ternyata sukses besar sebagai ajang promosi Awang Kitchen dan masakan Indonesia.

Ternyata, perjalanan beliau sangat panjang, beragam, dan penuh suka duka. Awalnya, Mas Awang merintis bekerja di bidang restaurant sebagai pencuci piring dan pembersih dapur di salah satu restaurant di New York. Kemudian beralih ke busboy, pembersih meja, dan kemudian menjadi server, restaurant staff manager.

Ada break selama beberapa tahun menjadi supir limousine,  untuk mencoba hal baru. Dalam masa break ini Mas Awang mencoba keahlian iseng-seng sebagai chef, memasak berbagai makanan Indonesia.

Alhasil, karena laku keras dan mendapat permintaan katering dari berbagai kalangan Indonesia, mas Awang berniat masuk seratus persen ke bisnis masak. Setelah delapan tahun di bidang bisnis home catering, baru  akhirnya impian membuka masakan Indonesia tercapai.

Pengalaman A sampai Z di bidang restaurant business sangat membantu kesuksesan Mas Awang ini. Dengan impian semakin membuat banyak makanan Indonesia terkenal, diapresiasi, dan diminati oleh banyak kalangan internasional di New York City dan mendunia, Mas Awang terus bekerja keras membuat kualitas makanan dan service sebagai yang utama, sebagai nomor satu Impian franchise Awang Kitchen adalah tahap berikutnya. (Aryo Wicaksono).

langganan Extra Uang

Save