Jutaan orang mengendarai “mobil perusahaan” alias kendaraan milik perusahaan. Para pengendara ini di antaranya adalah pemilik usaha sendiri, anggota keluarganya, dan jajaran karyawannya. Dalam situasi seperti ini, perusahaan memiliki sekaligus mengasuransikan kendaraannya.

Seringkali, masing-masing anggota keluarga memiliki mobil dan asuransi sendiri-sendiri. Tapi kadang mereka tidak punya mobil, dan mungkin tidak punya polis asuransi mobil pribadi, dikarenakan perusahaan memiliki dan mengasuransikan semua kendaraan. Masalah dapat muncul jika ada yang menyewa atau meminjam mobil orang lain.

Polis Mobil Perusahaan memang menanggung kendaraan yang dimiliki, disewa, atau dipinjam perusahaan, tetapi tidak menanggung kendaraan yang disewa atau dipinjam perorangan. Ketika pemilik usaha atau suami/istrinya meminjam kendaraan untuk keperluan pribadi, asuransi mobil perusahaan tidak akan berlaku.

Ini kelihatannya bukan masalah besar karena orang yang memiliki atau meminjam kendaraan mungkin memiliki asuransi yang menanggungnya. Namun, bagaimana jika:

  • Pemiliki tidak membayar premi, membatalkan premi, tetapi terus memakai kendaraan
  • Pemilik membeli asuransi kewajiban (liability) dengan nilai paling kecil yang diwajibkan oleh undang-undang state
  • Pemilik tidak memiliki pertanggungan pengendara atau memiliki dengan nilai minimal

Untuk kasus seperti ini, pengendara mungkin bertanggung jawab membayar uang dalam jumlah besar. Dia mungkin hutang ganti rugi kepada korban luka atau korban kerusakan. Korban mungkin juga harus membayar biaya perawatan medis pribadi jika pengendara yang melukainya tidak memiliki pertanggungan kewajiban atau memiliki tapi tidak memadai.

Untuk mengatasinya, perusahaan perlu mempertimbangkan membeli pertanggungan ekstra, yaitu Drive Other Car Coverage – Broadened Coverage For Named Individuals, untuk polis kendaraannya. Perusahaan bisa mendaftarkan perorangan untuk memiliki pertanggungan ini dan memilih beberapa atau semua pertanggungan-pertanggungan ini: kewajiban (liability), pembayaran medis kendaraan (auto medical payment), komprehensif (comprehensive), kolisi (collision), pengendara yang tak diasuransikan (uninsured motorist), dan pengendara yang terlalu kecil asuransinya (underinsured motorist).

Pertanggungan yang dipilih berlaku untuk kendaraan apapun yang tidak dimiliki perusahaan, kendaraan sewa, atau kendaraan pinjaman saat orang yang terdaftar menggunakannya. Pertanggungan juga berlaku ketika suami/istri orang tersebut sedang menggunakan kendaraan, jika suami/istri tersebut tinggal di rumah yang sama. Pertanggungan tidak berlaku untuk kendaraan apapun yang dimiliki perorangan atau anggota keluarga. Pertanggungan juga tidak berlaku untuk orang atau suami/istrinya saat bekerja di usaha penjualan, perawatan, perbaikan, atau parkir mobil. Pertanggungan pembayaran medis kendaraan, pengendara yang tak diasuransikan, dan pengendara yang terlalu kecil asuransinya juga meluas ke anggota keluarga dari orang yang terdaftar ketika mereka mengendarai atau tertabrak kendaraan yang tidak dimiliki perusahaan. Perluasan ini tidak berlaku untuk kendaraan yang dimiliki perorangan atau anggota keluarga. Terakhir, pertanggungan komprehensif dan kolisi berlaku dengan batasan-batasan yang sama terhadap kepemilikan kendaraan, tetapi mereka berlaku hanya untuk jenis kendaraan penumpang pribadi.

Sebagai ilustrasi, misalkan pemilik perusahaan tempat Bob bekerja menambahkan pertanggungan ini untuk polis kendaraan perusahaannya, mendaftarkan Bob, dan memilih semua pertanggungan. Istri Bob tidak memiliki mobil, dan suatu hari dia menyewa mobil dari jasa penyewaan mobil. Dia terlibat kecelakaan dan melukai empat orang. Mobil yang dia sewa hanya memiliki nilai minimal dari asuransi kewajiban yang diwajibkan state nya. Polis asuransi kantor Bob akan menanggung sisa ganti ruginya, hingga jumlah pertanggungan yang dibeli kantornya.

Pemilik usaha yang menggunakan kendaraan perusahaan untuk pemakaian pribadi perlu menangani hal ini bersama broker mereka untuk meninjau opsi-opsi yang bisa memberi pertanggungan untuk risiko tambahan ini. Beberapa perusahaan juga akan membolehkan Anda membeli sebuah polis payung pribadi atas kendaraan perusahaan. Jika polis payung ini tersedia, maka nilai pertanggungan yang Anda miliki akan lebih tinggi.