Tidak ada manusia yang sepenuhnya siap menghadapi kecelakaan mobil baik ringan maupun besar. Namun, pengendara dapat lebih siap menghadapi proses klaim yang mengikutinya dengan cara mengingat-ingat beberapa informasi penting. Dengan mengambil tindakan-tindakan persiapan yang sederhana, pemilik mobil dapat mencegah kesalahan mahal ataupun keterlambatan menerima kompensasi ataupun ganti rugi.

Apa Yang Musti Dilakukan Sebelumnya

Buatlah daftar informasi penting dan simpanlah di mobil. Yang penting disimpan adalah nomer kontak agen asuransi, nomer telepon darurat dan nomer anggota-anggota keluarga. Banyak perusahaan asuransi menawarkan app tersendiri untuk kecelakaan. Tanyakan pada agen Anda apakah ada app semacam itu. Beberapa agen akan sabar menjelaskan langkah-langkah yang perlu Anda ikuti seperti mengambil foto dokumentasi dan menulis informasi penting. Ada juga agen yang memiliki app yang memungkinkan orang untuk mengupload informasi langsung kepada perusahaan asuransi. Selain itu, ada banyak app gratis untuk kesiapan menghadapi kecelakaan. Download lah app tersebut untuk berjaga-jaga ketika kecelakaan. App semacam ini sangat berguna karena mungkin susah mengingat apa yang musti dilakukan segera setelah kecelakaan terjadi oleh karena panik ataupun stres.

Apa Yang Musti Dilakukan Setelah Kecelakaan

Langkah pertama dan terpenting adalah memanggil ambulans. Orang mungkin tidak sadar bahwa mereka cedera. Siapapun yang terlibat kecelakaan sepatutnya diperiksa untuk memastikan tidak adanya cedera parah. Jangan keluar kendaraan kecuali kalau di dalam kendaraan tidak aman. Jangan pernah mengakui kesalahan jika pihak pengendara lain ataupun warga mendekat. Bersikaplah sopan dan santun kepada semua pihak.

Jika memfoto setelah kejadian akan membahayakan siapapun, jangan lakukan. Fotolah dari dalam kendaraan sampai datangnya bantuan. Saat sudah aman untuk memfoto, fotolah hal-hal ini:

  • Pelat nomor semua kendaraan yang terlibat.
  • Kerusakan semua kendaraan yang terlibat.
  • Kerusakan properti apapun yang terdampak kecelakaan.
  • Rambu-rambu lalu lintas atau bangunan-bangunan sekitar yang menandakan lokasi kecelakaan.

Saat sudah aman, catatlah informasi berikut:

  • Nama dan informasi kontak pengendara atau pengendara-pengendara lain ataupun penumpang-penumpang yang terdampak.
  • Tahun, merek dan model semua kendaraan yang terlibat.
  • Informasi kontak perusahaan asuransi dan agen asuransi dari pihak pengendara lain.
  • Nama dan informasi kontak untuk petugas polisi yang datang.

Agen adalah penasehat Anda selama proses klaim. Banyak orang takut untuk segera menghubungi agen mereka oleh karena potensi naiknya biaya. Namun, biaya salah penanganan kecelakaan bisa jadi lebih mahal daripada kenaikan biaya agen. Agar lebih siap menghadapi kecelakaan, konsultasilah dengan agen Anda.