Banyak orang beranggapan bahwa mobil yang lebih aman pasti memiliki harga asuransi yang lebih rendah. Memang, beberapa tahun lalu fitur keamanan berarti premi yang lebih murah. Namun, sekarang tidak demikian. Fitur-fitur canggih yang pengoperasiannya memerlukan apps, komputer dan alat-alat elektronik mahal lainnya ternyata membuat asuransinya lebih mahal.

Keamanan Versus Harga

Beberapa mobil modern terbaik memiliki sistem pencegahan kecelakaan dan teknologi canggih lainnya. Dari deteksi blind spot sampai bantuan parkir, fitur-fitur mahal yang melibatkan sensor dan kamera biasanya ada di mobil mewah. Salah satu alasan mengapa asuransi kendaraan dengan fitur-fitur seperti ini mahal adalah sedikitnya suku cadang pengganti. Faktor lainnya adalah mahalnya melakukan kalibrasi digital sebuah sistem ketika tidak berfungsi dengan baik.

Perusahaan-perusahaan asuransi mengatakan bahwa fitur-fitur keamanan akan dapat menurunkan statistik tabrakan. Namun, mereka juga mengklaim bahwa untuk sekarang ini di jalanan tidak ada cukup kendaraan dengan fitur-fitur canggih tersebut. Banyak pengemudi masih mengendarai mobil yang bukan terbaru yang tidak memiliki teknologi terkini. Mobil berteknologi canggih bisa bekerja dengan optimal bila dikelilingi oleh mobil berteknologi canggih pula.

Tingkat kecelakaan masih tetap tinggi, dan perusahaan-perusahaan asuransi membebankan biaya-biayanya pada konsumen dalam bentuk kenaikan premi. Tahun 2016, satu produsen mobil melaporkan bahwa hampir 15 persen mobil yang ia jual memiliki teknologi anti tabrakan. Menurut ahli asuransi, sekitar 50 persen kendaraan di jalan semestinya memiliki teknologi seperti ini untuk bisa mengurangi tingkat kecelakaan keseluruhan.

Harga Asuransi Meningkat Di Mana-mana

Orang yang membeli mobil dengan fitur keamanan tercanggih bukan satu-satunya yang harus membayar asuransi lebih mahal. Semua pemegang polis harus membayar lebih untuk pertanggungan liabilitas, yang merupakan kewajiban minimum untuk semua pengendara. Jika pengendara yang hanya membawa pertanggungan liabilitas menabrak mobil baru yang berfitur keamanan canggih, pengendara tersebut harus membayar ganti rugi yang lebih besar. Kenaikan harga ini memang hanya di bawah 10 persen, tapi pengendara menyadari bedanya.

Diskon Keamanan

Beberapa perusahaan asuransi masih menawarkan diskon untuk pengendara yang membeli kendaraan dengan fitur keamanan canggih. Agar semua perusahaan asuransi menawarkan diskon, tingkat kecelakaan harus jauh menurun di seluruh Amerika. Diskon keamanan adalah didasarkan pada alat-alat yang dicolokkan ke mobil yang teknologinya kompatibel, dan alat-alat itu mencatat kebiasaan-kebiasaan mengemudi. Perusahaan asuransi lain menawarkan diskon untuk kendaraan yang memiliki pengereman belakang darurat. Para ahli bilang bahwa 40 persen tabrakan dapat dihindari apabila semua kendaraan memiliki teknologi ini.

Fitur-fitur keamanan canggih memang bagus untuk meningkatkan keamanan berkendara, tetapi mahal untuk mobil-mobil baru. Untuk yang ingin menghemat, sebaiknya berkonsultasi dengan agen asuransi tentang biaya-biaya sebelum membeli kendaraan tertentu. Meskipun sekarang persoalan asuransi ini mungkin mengecewakan pengendara dengan anggaran tidak banyak, tapi kabar baiknya adalah makin banyak perusahaan akan menawarkan diskon dalam waktu dekat ini. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang biaya dan perubahaan, konsultasilah dengan agen.