Mobil yang telah terkena banjir sudah pasti akan membutuhkan perbaikan besar-besaran. Air, terutama air laut, dampaknya bisa sangat serius terhadap mobil, tergantung seberapa dalam mobil tergenang dan berapa lama. Menurut riset, di pasar makin banyak mobil bekas banjir seperti ini. Riset oleh firma terkemuka dalam bidang riwayat mobil, Carfax, ini menemukan bahwa jumlah mobil di jalan yang memiliki catatan kebanjiran telah meningkat 30 persen dari 2013 sampai 2016 menjadi sebesar 271,000.

Lebih dari sepertiga mobil yang pernah kebanjiran ada di empat state yaitu Texas, Pennsylvania, Florida dan Kentucky. Meskipun demikian, di tiap state tetap ada saja mobil kebanjiran. Jumlah mobil kebanjiran makin meningkat sebab hujan deras disertai angin kencang makin sering terjadi. Federal Emergency Management Agency melaporkan bahwa banjir adalah bencana alam yang paling sering terjadi.

Banjir dapat berdampak parah terhadap mobil. Sistem kelistrikan, permesinan dan keamanan dapat rusak. Karat dan korosi dapat merusak mobil dari dalam. Sistem dapat tiba-tiba tak berfungsi berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun setelah banjir.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar tidak membeli mobil yang telah terdampak banjir:

  • Meminta riwayat kerusakan karena banjir dari mobil secara gratis dari Carfax melalui website carfax.com/flood
  • Meminta mekanik berpengalaman untuk memeriksa mobil untuk semua jenis kerusakan dan aus.
  • Periksa apakah ada lumpur atau karat di bawah penutup lantai mobil dan lantai bagasi
  • Endus bagian bawah karpet apakah tercium jamur
  • Periksa tempat-tempat yang susah dibersihkan di dalam kap mobil apakah ada lumpur atau serpihan yang terbawa banjir
  • Periksa apakah di dalam kap, dekat pintu dan di bagasi ada kepala baut dan sekrup yang berkarat
  • Periksa di bagian bawah panel apakah ada lumpur dan serpihan

Jika setelah melakukan pemeriksaan-pemeriksaan di atas Anda menemukan kerusakan akibat banjir, jangan beli mobil tersebut walaupun harganya sangat menarik. Ongkos perbaikan jangka panjang akan melebihi uang yang Anda hemat dari pembelian mobil itu. Ada ribuan mobil bekas berkualitas di pasaran. Lebih baik mobil yang rusak karena banjir dikirim ke tumpukan rongsok.