Menurut survey tentang klaim kerusakan asuransi mobil, sekitar 50 persen peserta asuransi yang mengajukan klaim terpaksa memakai jasa pengacara untuk membantu mereka. Namun, kebanyakan orang tidak meminta jasa pengacara karena mereka memiliki pengalaman buruk dengan proses klaim.

Hanya sekitar 15 persen responden mengatakan mereka mengalami penangguhan atau masalah-masalah lain dengan proses klaim. 10 persen lainnya mengatakan berkonsultasi dengan pengacara karena tidak puas dengan nilai uang penyelesaian yang ditawarkan penjamin asuransi. Alasan paling sering menghubungi pengacara adalah karena orang mendapatkan rekomendasi dari teman, dokter atau kerabat. Lebih dari 30 persen menghubungi pengacara karena teman atau keluarga merekomendasikannya, dan 15 persen karena dokter merekomendasikannya. Sekitar 20 persen responden mengatakan mereka menghubungi pengacara karena mereka menginginkan uang penyelesaian yang paling banyak.

Ada faktor-faktor lain yang mempengaruhi pikiran penuntut klaim. Sekitar 65 persen penuntut klaim mengatakan menghubungi pengacara di awal proses klaim. Ini menandakan bahwa tujuan memakai pengacara tidak berhubungan dengan proses penyelesaian yang tidak adil ataupun masalah pada proses klaim itu sendiri. Di samping itu, hanya sekitar 30 persen mereka yang mengatakan puas dengan cara penanganan klaim oleh penjamin asuransi memakai jasa pengacara.

Para ahli mengatakan bahwa ada kesalahpahaman bahwa pengacara yang terlibat proses klaim memiliki hubungan dengan penjamin asuransi. Kesalahpahaman ini berdampak besar karena jasa pengacara bisa teramat mahal. Para ahli berharap bahwa mempublikasikan temuan ini akan membuat orang tidak khawatir. Survey dengan format jajak pendapat ini dilaksanakan secara online atas permintaan IRC oleh GFK Public Affairs and Corporate Communications. Ada 27,126 partisipan, dan survey dilakukan dari Juni sampai Juli 2016. Lebih dari 500 partisipan merespon pertanyaan lanjutan tentang proses klaim ketika mereka memakai pengacara swasta, dan hasilnya dibandingkan dengan populasi orang dewasa dengan umur 18 tahun ke atas di Amerika Serikat.

Ketika kecelakaan terjadi, sangat dianjurkan untuk menghubungi agen segera. Pengacara sering direkomendasikan jika ada terjadi cedera dan pihak lain bersalah. Namun, agen asuransi adalah bisa dibilang pengacara pribadi sepanjang proses klaim. Kenali lebih jauh dan jadilah lebih siap, hubungi agen.