Dengan mengantongi modal minimal 100 US dolar, Anda sudah bisa buka usaha di Amerika. Menarik bukan? Beragam peluang bisnis, pasar yang besar dan daya beli masyarakat yang tinggi menjanjikan profit yang menggiurkan. Berbagai kemudahan bagi warga asing untuk berinvestasi pun ditawarkan oleh pemerintah AS.

Pengusaha yang ingin membuka usaha di AS bisa memilih bentuk usaha berikut: Corporation atau LLC (Limited Liability Company). Seperti yang dituturkan oleh Jason Lie, pengacara Indonesia yang berdomisili di California, pilihan inilah yang terbaik. Corporation seperti halnya perusahan terbatas di Indonesia. Corporation bisa 100% dimiliki oleh warga asing. Sedangkan LLC , bisa berfungsi seperti mitra sehingga risiko usaha pun lebih minimal.

Walaupun berbeda di setiap State, secara umum prosedur pembentukan badan usaha hampir sama. Pengusaha harus mengisi formulir untuk didaftarkan ke pemerintah setempat, mendapatkan licence dari State dan membayar pajak ke Federal, State, City atau County.

Paling tidak ada 4 persyaratan yang harus diperhatikan, yakni:

  1. Pemilihan nama badan usaha. Nama sangat penting karena tidak boleh ada nama yang sama atau hampir mirip di sebuah State.
  2. Alamat usaha di AS yang boleh juga berupa PO BOX.
  3. Menunjukkan CEO, secretary dan treasure.
  4. Mempunyai agent for service of process.

Baik pemilik, maupun eksekutif perusahaan boleh tetap berdomisili di Indonesia. Namun harus ada 1 orang atau boleh juga perusahaan yang ditunjuk menjadi agent for service dan tinggal di AS. Agent perorangan tidak perlu memiliki green card, ia boleh juga pelajar yang sedang belajar di AS.

Agent ini bertugas untuk berkomunikasi dengan orang atau perusahaan lain. Agent menerima semua surat menyurat resmi baik pemberitahuan, tuntutan ataupun komplain dari orang atau perusahaan lain.

Yang tidak boleh diabaikan oleh pengusaha adalah mengikuti aturan yang sudah berlaku. Setiap perjanjian baik dengan semua partner AS maupun Indonesia harus memiliki dokumentasi atau kontrak tertulis. Minimal email atau fax. Sehingga bisa dijadikan bukti jika kelak timbul perselisihan.

Agar usaha lebih mudah dan aman, menghubungi pengacara yang bermukim di AS seperti Jason Lie ini pastinya akan sangat membantu. Kontak Jason Lie di email jason@liegal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here